Bahlil Pimpin Rapat Perdana sebagai Menteri ESDM Ad Interim

Image title
4 Februari 2022, 13:27
Bahlil Lahadalia menjabat Menteri ESDM ad interim.
Katadata/BKPM
Bahlil Lahadalia menjabat Menteri ESDM ad interim.

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Investasi  Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM ad interim. Bahlil menggantikan Arifin Tasrif sementara waktu yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Staf Khusus Menteri Investasi Tina Talisa menyampaikan pengangkatan Bahlil berdasarkan surat dari Kementerian Sekretariat Negara pada Kamis, 3 Februari 2022 kemarin. Pada hari ini, Bahlil mulai memimpin rapat perdana di lingkungan Kementerian ESDM.

"Pada pagi hari ini Jumat, 4 Februari 2022 telah dilakukan rapat perdana Menteri ESDM ad interim dengan seluruh Eselon I di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral," kata Tina kepada Katadata.co.id, Jumat (4/2).

Jabatan Bahlil ini hanya sementara waktu menunggu Menteri ESDM Arifin Tasrif yang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial menyatakan Arifin kemungkinan dapat aktif kembali sebagai sebagai Menteri ESDM pada pekan depan.  "Isoman sampai sepekan saja, minggu depan sudah aktivitas," kata Ego kepada Katadata.co.id, Jumat (4/2).

Ego memastikan jabatan tersebut berpindah hanya sementara waktu. Setelah menjalani masa isolasi mandiri, Arifin akan kembali menjabat sebagai Menteri ESDM. 

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menjelaskan saat ini Arifin Tasrif dalam kondisi pemulihan. Arifin tidak mengalami gejala berat Covid-19, sehingga tak memerlukan perawatan rumah sakit.  "Pak Menteri dalam kondisi baik, sekarang sedang isoman. Insya Allah minggu depan sudah kembali bekerja. Mohon doanya," kata Agung.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga pernah  merangkap pelaksana tugas Menteri Perhubungan pada Maret 2020. Luhut menjabat sementara waktu menggantikan Budi Karya Sumadi yang sempat menjalani perawatan di rumah sakit karena terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...