Reli Masih Berlanjut, Harga Minyak Tembus Level US$ 105 / Barel

Image title
Oleh Antara
30 Agustus 2022, 07:16
Reli Masih Berlanjut, Harga Minyak Tembus Level US$ 105 / Barel
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi. Harga minyak dunia kembali melanjutkan reli ke level US$ 105 per barel

 

Harga minyak mentah dunia kembali melonjak sekitar empat persen pada akhir perdagangan Senin kemarin. Penguatan tersebut memperpanjang kenaikan pada akhir pekan lalu di tengah risiko pengurangan produksi OPEC+ dan konflik di Libya.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Oktober bertambah 3,95 dolar AS atau 4,2% menjadi menetap di 97,01 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Oktober naik 4,1 dolar atau 4,1% menjadi ditutup pada 105,09 dolar per barel di London ICE Futures Exchange.

Reli terjadi karena pelaku minyak mempertimbangkan prospek pengurangan produksi dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+.

Menteri energi Arab Saudi mengisyaratkan pekan lalu bahwa ada keterputusan antara harga berjangka dan fundamental, dan bahwa OPEC+ memiliki sarana untuk menghadapi tantangan termasuk memangkas produksi untuk memulihkan keseimbangan pasar.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...