Tiga Kebakaran di Awal 2023, Ahok Minta Pertamina Buat Divisi Khusus

Muhamad Fajar Riyandanu
3 April 2023, 20:46
Pertamina, ahok
Instagram @BasukiBTP
Komut PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

Pertamina mengalami tiga kebakaran sejak awal tahun. Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendorong jajaran direksi untuk segera membentuk direktorat khusus.

Direktorat khusus itu akan menaungi keselamatan dan kesehatan kerja atau health, safety, security and environmental (HSSE). Kehaidran unit ini dinilai mendesak seiring kedudukan Pertamina sebagai perusahaan migas terbesar di Indonesia.

"Direktorat khusus sedang mau dibentuk, agar ada budaya HSSE," kata Ahok lewat pesan singkat WhatsApp, Senin (3/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memberikan catatan kepada jajaran direksi Pertamina untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam menekan jumlah kecelakaan kerja di sektor hilir migas.

Sebagai Komut, Ahok memiliki kewenangan untuk mengawasi kepengurusan sekaligus memberikan masukan atau evaluasi kepada jajaran direksi Pertamina. "Harus tegas soal HSSE," ujar Ahok.

PT Pertamina menghadapi tiga kebakaran sejak awal tahun, yakni:

1. Kebakaran di Terminal BBM Plumpang, Jakarta Utara pada 3 Maret

Kebakaran itu merengut 25 korban jiwa. Kebakaran berasal dari pipa inlet BBM yang lokasinya berdekatan dengan tembok pembatas permukiman warga.

Pipa inlet tersebut merupakan jalur BBM 221 kilometer yang tersambung dari Kilang Balongan Indramayu menuju Terminal BBM Plumpang, Jakarta Utara.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...