Pertamina: Api Kebakaran Kilang Dumai dari Ledakan Unit Kompresor Gas

Muhamad Fajar Riyandanu
3 April 2023, 13:19
pertamina, kilang pertamina, kilang dumai
ANTARA
Suasana ledakan di Pertamina Refinary Unit II, Dumai, Sabtu (1/4) malam.

PT Pertamina melaporkan awal mulai api kebakaran pada kilang Pertamina Refinery Unit II di Kota Dumai, Riau pada Sabtu (1/4) malam berasal dari ledakan yang terjadi di kompresor gas Unit 2 11 HCU Area Unit Unibon sekira pukul 22.45 WIB.

Juru Bicara Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyampaikan bahwa kebakaran tersebut sudah dapat dipadamkan dalam waktu kurang lebih 10 menit. "Memang kejadiannya di area kompresor gas sekitar 22.45 WIB," kata Fadjar lewat pesan singkat WhatsApp pada Senin (3/4).

Kebakaran tersebut merupakan insiden ketiga yang dialami Pertamina sepanjang tahun ini. Sebelumnya pada Jumat, 3 Maret, terjadi kebakaran hebat di Terminal BBM Plumpang, Jakarta Utara. Kebakaran yang merengut 25 korban jiwa itu berasal dari pipa inlet BBM yang lokasinya berdekatan dengan tembok pembatas permukiman warga.

Adapun pipa inlet tersebut merupakan jalur BBM sepanjang 221 kilometer yang tersambung dari Kilang Balongan Indramayu menuju Terminal BBM Plumpang, Jakarta Utara.

Belum genap sebulan, kejadian kebakaran kembali menimpa PT Pertamina lewat adanya insiden kebarakan yang menimpa kapal tanker MT Kristin di wilayah Pantai Ampenan, perairan barat Pulau Lombok pada Ahad (26/3), sore.

Kapal tanker yang mulai terbakar sekira pukul 14.50 WITA itu dilaporkan membawa muatan 5.900 kiloliter (KL) BBM bersubsidi jenis Pertalite. Awal mula api diketahui berasal dari forecastle atau mooring deck sisi depan saat kapal hendak melakukan labuh jangkar di perairan Ampenan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...