Pertamina Kebut Pembentukan Konsorsium untuk Akuisisi Blok Masela

Muhamad Fajar Riyandanu
10 April 2023, 15:25
pertamina, blok masela, petronas,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ilustrasi lapagan migas.

PT Pertamina masih berupaya untuk merampungkan pembentukan konsorsium bersama perusahaan migas asal Malaysia, Petronas, untuk menyelesaikan akuisisi 35% hak pastisipasi pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela yang dilepas oleh Shell.

Juru bicara Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyampaikan bahwa Pertamina sebagai Perusahaan migas nasional terus mengkaji seluruh kesempatan yang ada, termasuk pengembangan Blok Masela untuk meningkatkan produksi dan sumber daya migas demi menjaga ketahanan energi nasional.

"Sehubungan proses yang masih berlangsung. Pembentukan konsorsium masih proses, nanti akan disampaikan," kata Djoko lewat pesan singkat pada Senin (10/4).

Djoko menambahkan, Pertamina selalu mencari peluang pada proyek pengembangan migas potensial untuk mendongkrak pasokan energi domestik. Namun, pada proyek ladang gas tersebut, Pertamina masih terus melakukan hitungan strategis.

"Karena semua masih dalam proses jadi informasinya masih terbatas, kami masih belum bisa berkomentar banyak," ujar Djoko.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadji, melaporkan bahwa PT Pertamina telah membentuk konsorsium bersama perusahaan Migas asal Malaysia, Petronas, untuk mengakuisisi 35% saham yang dilepas oleh Shell pada pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela.

Kesepakatan konsorsium dinilai menjadi cara efektif untuk menekan resiko dan pendanaan tinggi sehingga dapat mempercepat pengembangan lapangan gas yang memiliki cadangan gas sebesar 4 triliun kaki kubik (TCF) tersebut.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...