PLN Lobi Asosiasi Perusahaan Perancis untuk Pengembangan Hidrogen

Muhamad Fajar Riyandanu
25 April 2023, 15:45
PLN
123rf.com/Alexander Kirch
Ilustrasi energi hidrogen

PT PLN mengadakan pertemuan dengan France Hydrogene atau Asosiasi Hidrogen Prancis untuk membuka peluang kerja sama pengembangan hidrogen hijau di Indonesia. Lawatan kerja PLN ke Prancis juga melangsungkan pertemuan dengan asosiasi pengusaha dan perusahaan energi asal Prancis untuk membicarakan peluang dukungan dalam pengembangan teknologi hidrogen.

Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN, Hartanto Wibowo, mengatakan pertemuan tersebut diinisiasi oleh Energy Academy Indonesia (ECADIN). Pada forum tersebut, Hartanto memaparkan strategi dan inisiatif transisi energi PLN untuk mencapai Net Zero Emission atau NZE 2060, di mana salah satunya melalui pengembangan hidrogen hijau.

"Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada France Hydrogene yang mengajak seluruh perusahaan di bawah asosiasinya untuk berkolaborasi bersama PLN dalam pengembangan teknologi energi berkelanjutan khususnya green hydrogen, sehingga membawa manfaat yang besar bagi kedua belah pihak,” kata Hartanto dalam siaran pers pada Selasa (25/4).

Hartanto menambahkan, PLN akan membangun pembangkit listrik hidrogen yang bakal menggantikan pembangkit diesel berbahan bakar fosil. Kolaborasi bersama France Hydrogene ini juga menjadi fokus dalam pengembangan teknologi hidrogen yang merupakan solusi pemanfaatan potensi alam di Indonesia.

“Pertemuan ini mencerminkan bagaimana kami semua memiliki visi yang sama untuk mengembangkan teknologi energi berkelanjutan. Untuk itu kami tidak bisa sendirian, semoga dari pertemuan ini dapat saling berkolaborasi," ujar Hartanto.

President Director France Hydrogene, Phillipe Boucly, menyambut baik pertemuan dengan PLN. Dia berharap Asosiasi Perusahaan di bawah France Hydrogene dapat membantu Indonesia untuk mengurangi emisi karbon.

France Hydrogene memiliki 467 anggota perusahaan yang bergerak pada bidang hidrogen di Prancis yang saat ini diketuai oleh Phillipe Boucly. Beberapa perusahaan yang hadir pada pertemuan yang berlokasi di kantor MEDEF International itu antara lain Air Liquide, Arhyze, HDF Energy, Sapaic Industry, Sunna Design, Vallourec Tubes, Vinci Energies dan MEDEF International.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...