Pinjaman dari Bank EXIM AS Hanya 1% Nilai proyek Kilang Balikpapan

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Mei 2023, 18:31
kilang balikpapan, pertamina,
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, bersama sejumlah jajarannya mengecek proyek kilang Balikpapan, Sabtu (8/1/2022).

Subholding Refining & Petrochemical Pertamina, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) mengonfirmasi telah mendapatkan pinjaman senilai US$ 99,7 juta atau sekira Rp 1,47 triliun dari Bank Ekspor-Impor Amerika Serikat (AS) atau US EXIM Bank untuk proyek ekspansi Kilang Balikpapan.

Sekretaris Korporasi PT Kilang Pertamina Internasional, Hermansyah Yuliandri Nasroen, menyampaikan bahwa perusahaan telah mengunci pendanaan tersebut sejak Kamis, 5 Mei 2023. Dia mengatakan pinjaman yang diterima Pertamina itu berkontribusi kurang lebih 1% terhadap keseluruhan nilai proyek RDMP Kilang Balikpapan.

PT Pertamina telah menyebutkan bahwa pendanaan yang diperlukan untuk memperluas kapasitas pengolahan Kilang Balikpapan menjadi 360.000 barel per hari mencapai US$ 7,24 miliar.

"Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional dan anak usahanya yang mengelola proyek RDMP Balikpapan, yakni PT Kilang Pertamina Balikpapan akan melakukan finalisasi pada dokumen-dokumen yang diperlukan," kata Hermansyah lewat pesan singkat pada Senin (15/5).

Perusahaan migas pelat merah itu juga telah menyiapkan investasi atau belanja modal senilai US$ 1 milar atau sekira Rp 15,2 triliun pada 2023 untuk pengembangan kilang milik perusahaan.

Mayoritas belanja modal tersebut akan dialokasikan untuk penyelesaian proyek RDMP Kilang Balikpapan yang ditargetkan bisa menjalani tahap pengujian pada 2024. "Untuk lingkung PT Kilang Pertamina Internasional, sementara ini project financing dari EXIM Bank hanya di proyek RDMP Balikpapan," kata Hermansyah.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...