Risiko Gagal Bayar AS Memudar, Harga Minyak Bangkit pada Akhir Pekan

Happy Fajrian
19 Mei 2023, 15:14
harga minyak, gagal bayar utang as,
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi pengeboran migas lepas pantai.

Harga minyak bangkit pada perdagangan akhir pekan di Asia, Jumat (16/5), dari penurunan lebih 1% pada hari sebelumnya. Kebangkitan harga minyak salah satunya didorong optimisme investor dengan meredanya risiko gagal bayar utang pemerintah Amerika Serikat (AS).

Harga Brent naik 73 sen dolar atau 1% menjadi US$ 76,59 per barel, sedangkan minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) naik 62 sen atau 0,9% menjadi US$ 72,48.

“Saya pikir pasar telah memperkirakan risiko gagal bayar utang AS, yang diterjemahkan menjadi lingkungan yang lebih berisiko dan beberapa pembelian minyak mentah Brent dari kondisi oversold sebelumnya,” kata Yeap Jun Rong, ahli strategi pasar di IG, seperti dikutip Reuters, Jumat.

Awal pekan ini, Presiden AS Joe Biden dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kevin McCarthy menegaskan kembali tujuan mereka untuk mencapai kesepakatan guna menaikkan plafon utang federal sebesar US$ 31,4 triliun, setuju untuk berbicara segera setelah hari Minggu.

“Begitu kita mengatasi masalah pagu utang AS, fundamental pada akhirnya mungkin lebih penting untuk menentukan apakah ada kenaikan yang dapat dipertahankan,” kata Yeap.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...