Belum Raih Izin Ekspor, Konsentrat Tembaga Freeport Menumpuk di Gudang

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Juni 2023, 13:12
Freeport, larangan ekspor tembaga, smelter
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur, Jumat (29/7/2022). Pembangunan proyek tersebut kini mencapai 34,9 persen dan diitargetkan hingga akhir tahun 2022 mencapai 50%.

PT Freeport Indonesia mengaku belum bisa mengirim kargo konsentrat tembaga ke pasar luar negeri meski Kementerian ESDM telah menerbitkan rekomendasi perpanjangan izin ekspor.

Relaksasi izin ekspor tersebut diatur melalui Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 7 Tahun 2023 tentang Kelanjutan Pembangunan Fasilitas Pemurnian Mineral Logam di Dalam Negeri yang teken pada 9 Juni 2023.

Juru Bicara Freeport, Katri Krisnati, mengatakan perusahaan masih berupaya untuk mendapatkan kepastian ekspor lanjutan hingga Mei 2024. Freeport sejauh ini masih menunggu izin perpanjangan ekspor dari Kementerian ESDM dan Kementerian Perdagangan.

"Sejak 10 Juni 2023 Freeport telah menghentikan ekspor dan prioritas kami saat ini adalah untuk memperoleh izin ekspor," kata Katri kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat pada Kamis (22/9).

Dia menyampaikan bahwa penghentian ekspor sejak 12 hari terakhir berdampak pada fasilitas penyimpanan atau gudang konsentrat tembaga di Amampare, Mimika, Papua melebihi batas muat maksimum. Ada tiga gudang dengan kapasitas masing-masing 40.000 ton, dengan 40% konsentrat dikirimkan ke pabrik peleburan PT Smelting di Gresik.

Katri mengatakan PT Smelting sedang melakukan penutupan rutin atau routine maintenance shutdown sejak 1 Mei 2023 sehingga tidak ada pengapalan ke Gresik. "Gudang penyimpanan saat ini sudah penuh, dan sebagian konsentrat terpaksa diletakkan di luar gudang," ujar Katri.

Seperti diketahui, Kementerian ESDM merelaksasi ekspor lima jenis mineral logam hingga Mei 2024. Kelima mineral tersebut yaitu konsentrat tembaga, besi, timbal, seng, dan lumpur anoda hasil pemurnian tembaga.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...