ADB Dukung Konversi PLTU ke Energi Terbarukan Jadi Bagian JETP

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Juni 2023, 20:28
JETP
Sekretariat JETP
JETP

Asian Development Bank atau ADB mendukung rencana penggunaan kembali pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia menjadi energi baru dan terbarukan

Sebelumnya, PLN mengajukan proyek konversi pembangkit listrik tenaga diesel menjadi pembangkit listrik tenaga gas dan uap atau PLTGU. Perusahaan pelat merah ini berharap usulan ini menjadi bagian dari rencana investasi komprehensif pendanaan Just Energy Transition Partnership Investment atau JETP yang ditargetkan rampung pada 16 Agustus 2023.

Deputy Country Director ADB, Said Zaidansyah mengatakan sampai saat ini lingkup proyek dalam program pendanaan iklim JETP masih disusun. Meski demikian, dalam substansinya kemungkinan mencakup pensiun dini pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU batu bara.

Menurut Said, ADB juga membuka peluang investasi lanjutan pada pengembangan pembangkit yang mendukung langkah dekarbonisasi, seperti pembangkit listrik tenaga energi baru dan terbarukan atau EBT.

"Konversi PLTU batu bara menjadi energi terbarukan kami dukung karena bagian dari energy transition mechanism," kata Said di Djakarta Theater pada Sabtu (24/6).

ADB menilai pemerintah Indonesia cukup berkomitmen untuk memperbaiki iklim investasi pada proyek pengembangan pembangkit EBT. Sikap tersebut membuat para investor dan pemberi pinjaman internasional tertarik untuk menamkan modal di dalam negeri.

Menurut Said, hal itu tercermin dari komitmen penyaluran dana JETP senilai US$ 20 miliar atau sekitar Rp 310 triliun yang dijanjikan oleh Amerika Serikat (AS), Jepang, serta beberapa negara G7 plus Denmark, Norwegia, dan Uni Eropa.

Nominal tersebut lebih tinggi dari setoran modal transisi energi JETP di Vietnam dan Afrika Selatan yang masing-masing bernilai US$ 15 miliar dan US$ 8 miliar.  "Artinya ada komitmen dari pemerintah dan komunitas asing internasional dan ada trust kepada Indonesia," ujar Said.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan proyek penurunan emisi yang hampir dipastikan mendapat dana JETP adalah rencana dedieselisasi pembangkit BBM menjadi PLTGU.

Dadan meyakini pencairan dana JETP untuk program dedieselisasi pembangkit listrik diproyeksikan bakal mengalir lancar. Pasalnya, pemerintah dan PLN sudah memulai tahap lelang proyek konversi PLTD.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...