Harga Minyak Berpotensi Terjun ke US$ 50-40 Imbas Gejolak di Rusia

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Juni 2023, 12:20
harga minyak, vladimir putin, rusia
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Harga minyak berpotensi turun hingga ke level US$ 50-40 per barel seiring gejolak politik di Rusia dengan adanya upaya kudeta terhadap Vladimir Putin.

Harga minyak mentah naik 1% lebih tinggi pada hari Senin (26/6) setelah pasukan tentara bayaran Wagner yang dipimpin oleh Yevgeny Prigozhin membatalkan perjalanannya menuju Moskow, Rusia, sekaligus mencegah upaya kudeta terhadap Vladimir Putin.

Sejumlah pakar keuangan memproyeksikan harga minyak ke depan tergantung pada bagaimana gejolak jangka pendek yang akan terjadi pada akhir pekan ini. Analis Makro Bloomberg Intelligence, Mike McGlone, mengatakan komoditas minyak mentah di pasar saat ini mengalami sentimen penurunan harga atau bearish.

Meski begitu, McGlone yakin posisi minyak masih jauh dari titik terendah, mengingat Federal Reserve masih memperketat kebijakan moneternya dalam upaya meredakan ekonomi dan menurunkan inflasi kembali ke tingkat 2%.

“Saya melihat minyak mentah menuju US$ 50, bahkan mungkin US$ 40. Ini Telah terjadi pada gas alam, dari US$ 10 menjadi US$ 2," kata McGlone, dikutip dari Yahoo Finance Live pada Selasa (27/6).

Adapun pada Selasa (27/6), harga minyak mentah jenis Brent berada di US$ 74,55 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan di level US$ 69,78. Angka tersebut merosot jauh sejak harga puncaknya pada tahun lalu ketika WTI melewati US$ 120 per barel dan Brent melampaui US$ 130.

Pimpinan Lipow Oil Associates, Andrew Lipow, mengatakan bahwa kondisi gejolak politik di Rusia mendapat atensi yang kuat, mengingat volatilitas minyak mentah pada tahun 2022 terjadi setelah konflik bersenjata Moskow-Ukraina.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...