Pertamina Luncurkan BBM Ramah Lingkungan Pertamax Green Rp13.500/Liter

Happy Fajrian
25 Juli 2023, 12:50
pertamax green, bioetanol, pertamax
Pertamina
Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution melakukan pengisian Bahan Bakar Pertamax Green 95 saat acara pengenalan bahan bakar Pertamax Green 95 di SPBU Pertamina 31.128.02, MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (24/07/2023).

PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Commercial & Trading yaitu PT Pertamina Patra Niaga resmi meluncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) baru yaitu Pertamax Green 95. Adapun BBM ini dibanderol Rp 13.500 per liter, setara dengan BBM RON 95 yang dijual SPBU swasta.

Pertamax Green 95 merupakan campuran BBM Pertamax dengan research octane number (RON) 92 dengan bioetanol 5% atau E5. BBM hijau ini diluncurkan serentak di Jakarta dan Surabaya pada Senin (24/7).

Pertamina melalui sinergi BUMN bekerjasama dengan PT Energi Agro Nusantara yang merupakan anak usaha PT Perkebunan Nusantara X (Persero) untuk menyediakan bahan baku Bioetanol dari molases tebu yang diproses menjadi etanol fuel grade.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan bahwa produk baru ini merupakan langkah nyata Pertamina dalam mendukung capaian target Net Zero Emission (NZE) 2060.

“Produk ini adalah produk BBK hijau yang ramah lingkungan karena menggunakan bioetanol dari molases tebu. Ini merupakan implementasi dari salah satu pilar transisi energi Pertamina dalam mendukung transisi energi nasional dengan penggunaan campuran bahan bakar nabati,” ujar Nicke dalam siaran pers, dikutip Selasa (25/7).

Lebih lanjut Nicke menjelaskan bahwa pengembangan produk Pertamax Green 95 juga berhasil melibatkan petani tebu hingga lebih dari 9000 orang. Pemasaran produk ini pada tahap awal dilakukan di 10 SPBU di Surabaya dan 5 SPBU di Jakarta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...