Lepas Blok Masela, Shell Terima Rp 9,75 T dari Pertamina dan Petronas

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Juli 2023, 17:46
Ilustrasi
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi

PT Pertamina dan Petronas menandatangani perjanjian jual beli dengan Shell Upstream Overseas Services untuk akuisisi hak partisipasi 35% proyek Abadi LNG Blok Masela. Dua perusahaan migas milik negara itu menyetor US$ 650 juta atau sekira Rp 9,75 triliun kepada Shell.

Shell mengatakan penjualan 35% hak partisipasi di Blok Masela senilai US$ 650 juta yang dibagi dalam dua tahap pembayaran. Pertama, pembayaran US$ 325 juta dalam bentuk tunai. Kedua, pembayaran US$325 juta saat keputusan investasi akhir atau final investment decision (FID) pada proyek gas Abadi Masela.

Direktur Gas dan Hulu Terintegrasi Shell, Zoë Yujnovich, mengatakan keputusan perusahaan untuk menjual partisipasi di Blok Masela sejalan dengan fokus perusahaan pada pengalihan alokasi modal di sisi hulu migas. Transaksi akuisisi tersebut mulai efektif sejak satu Januari 2023 dan ditargetkan lunas pada kuartal tiga 2023.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan, terutama Pemerintah Indonesia atas dukungan mereka selama proses penjualan," ujar Zoë dalam keterangan resmi pada Selasa (25/7).

Pertamina memperoleh hak partisipasi sebesar 20% dengan biaya akuisisi sebesar US$ 371,8 juta atau sekira Rp 5,58 triliun. Sedangkan Petronas US$ 278,2 juta atau Rp 4,17 triliun untuk porsi 15%.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...