PLN Indonesia Power Percepat Proyek Energi Hijau dengan Dana JETP

Lavinda
Oleh Lavinda
9 Agustus 2023, 10:14
PLN
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Depok, Jawa Barat, Senin (24/7/2023).

PT PLN Indonesia Power (PLN IP) siap mempercepat pelaksanaan proyek Hijaunesia 2023 melalui dukungan pendanaan program Just Energy Transition Partnership (JETP). PLN IP akan mengembangkan energi hijau berkapasitas 7 gigawatt (GW) dan tersebar di 108 lokasi seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan program tersebut sejalan dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030. 

Program Hijaunesia 2023 sedang dalam proses pemilihan mitra strategis untuk pengembangan sejumlah proyek strategis energi hijau PT PLN Indonesia Power. Beberapa proyek di antaranya PLTS Banyuwangi, PLTS Pasuruan, PLTS Terapung Gajah Mungkur, PLTS Terapung Kedung Ombo, dan PLTS Terapung Jatigede, yang masing-masing berkapasitas 100 MW.

Ia menyebutkan proyek Hijaunesia 2023 merupakan bentuk dukungan PLN IP terhadap pemerintah atas kesepakatan dengan negara-negara anggota G20 untuk mendorong transisi energi di Indonesia. Ini dilakukan melalui pemetaan proyek energi bersih yang memperoleh dukungan pembiayaan dari JETP.

"Proyek-proyek yang disiapkan PLN IP merupakan bentuk dukungan atas kesepakatan pemerintah dengan negara anggota G20 dan sebagai wujud komitmen korporasi dalam mengakselerasi transisi energi di Indonesia," ujar Edwin dalam kegiatan Investor Forum of Hijaunesia 2023, dikutip Antara pada Rabu (9/8).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...