Siasat Pertamina Atasi Kelangkaan LPG 3 Kg Tahun Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Agustus 2023, 13:07
LPG
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Pekerja memindahkan tabung LPG 3 kilogram di salah satu agen LPG kawasan Duren Tiga, Jakarta, Rabu (21/6/2023).

PT Pertamina berupaya menekan dampak turunan dari potensi kelebihan permintaan LPG 3 Kg pada tahun ini, yakni dengan memetakan wilayah distribusi yang berpotensi mengalami pembengkakan permintaan.

Berdasarkan perkiraan Pertamina, serapan LPG bersubsidi akan berada di angka 8,22 juta metrik ton hingga akhir tahun ini, atau lebih tinggi 2,7% dari alokasi kuota tahunan sebesar 8 juta metrik ton.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Parta Niaga Irto Ginting mengatakan peningkatan konsumsi terjadi seiring kondisi pandemi Covid-19 yang mereda. 

Lonjakan konsumsi LPG tahun ini sudah terasa sejak Mei, dengan kenaikan permintaan hingga 5% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

"Hal ini turut berpengaruh pada tingkat konsumsi LPG 3 Kg, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun para pengusaha mikro," kata Irto lewat pesan singkat pada Kamis (10/8).

Penjualan LPG 3 Kg hingga Juli berada di angka 700.000 metrik ton, naik 1,5% dibanding bulan sebelumnya, 690.000 metrik ton. Sementara itu, penyaluran LPG melon hingga 31 Juli menyentuh 4,6 juta metrik ton atau 58% dari kuota tahunan.

Berdasarkan catatan, realisasi penyaluran subsidi hingga Juni mencapai Rp 37,73 triliun, atau melebihi jatah alokasi anggaran belanja pemerintah pusat sebesar Rp 117,84 triliun. Besaran jatah subsidi LPG melon menjadi yang terbesar dari seluruh suntikan subsidi energi pada 2023, mengalahkan subsidi Pertalite senilai Rp 21,54 triliun maupun subsidi listrik PLN Rp 72,57 triliun.

Untuk mencegah kelangkaan LPG pada akhir tahun nanti, pertamina berupaya menjaga distribusi LPG 3 Kg berjalan maksimal sembari menjaga stok ketersediaan di pangkalan.  "Sehingga masyarakat yang datang selalu terlayani," ujar Irto.

Selain itu, Pertamina mendorong masyarakat agar aktif mengawasi pasokan LPG 3 Kg. Caranya, dengan memanfaatkan Pertamina Call Center 135 sebagai sumber informasi jika ada kekosongan atau kebutuhan gas tabung melon yang meningkat.

Perseoran juga meningkatkan kerja sama dengan aparat penegak hukum untuk menjaga penggunaan tabung  agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...