Gelar IOG 2023, SKK Migas Dorong Inisiatif Rendah Karbon Sektor Migas

Nadya Zahira
23 Agustus 2023, 17:15
skk migas, inisiatif rendah karbon, sektor migas
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan peninjauan pompa angguk di lokasi Sumur Bor Lapangan Duri, Riau (30/12/2022).

SKK Migas bakal menggelar The 4th International Convention on Indonesia Upstream Oil and Gas 2023 (ICIOG 2023), di Nusa Dua, Bali pada 20-23 September 2023. Salah satunya isu yang akan dibahas yaitu terkait Low Carbon Initiative atau inisiatif rendah karbon.

Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf mengatakan, pada tahun ini ICIOG mengusung tema “Advancing Energy Security Through Sustainable Oil and Gas Exploration and Development”, membahas isu-isu yang masih menjadi tantangan dalam mempercepat pengembangan lapangan migas.

“Sekaligus mencari solusi dan menentukan tindak lanjut atas isu-isu yang ada,” ujar Nanang, dalam Media Briefing ICIOG 2023, di Jakarta, Rabu (23/8).

Nanang mengatakan, meski sektor hulu migas menghasilkan emisi karbon yang cukup besar melalui proses produksi, disisi lain sektor ini juga berupaya menekan emisi salah satunya dengan mengembangkan teknologi penangkapan karbon.

“Nah ini yang disebut sebagai balancing dari program kegiatan yang ada di hulu migas. Kami memproduksi, tapi disisi lain kami juga mem-protect lingkungan kita,” kata dia.

Dia mengatakan, SKK Migas juga sudah melakukan beberapa upaya untuk mendukung transisi energi agar tercapainya Net Zero Emission (NZE) di 2060 atau lebih cepat.

Adapun upaya tersebut seperti low carbon inisiatif termasuk energi efesiensi, serta penerapan teknologi penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon atau carbon capture storage (CCS) maupun carbon capture utilization and storage (CCUS).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...