Penggunaan Biogas RI 28,5 Juta Metrik Kubik, 40% dari Limbah Sawit

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Agustus 2023, 16:03
Biogas
Katadata
Ilustrasi pabrik biogas

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan total pemanfaatan biogas mencapai 28,5 juta metrik kubik sampai 30 Juli 2023. Sekitar 40% biogas berasal dari hasil olahan limbah industri kelapa sawit atau palm oil mill effluent (POME), yakni sebanyak 11,4 juta metrik kubik.

Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Edi Wibowo mengatakan biogas hasil olahan limbah industri kelapa sawit juga digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik.

Sejumlah perusahaan yang memanfaatkan biogas sebagai sumber energi antara lain, PT Perkebunan Nusantara V, PT Karya Mandoge Energi, PT Nagata Bio Energi, dan PT Mutiara Sumber Energi.

"Total pemanfaatan langsung biogas sampai dengan 30 Juli sebesar 28,5 juta metrik kubik. Dari jumlah total itu, ada 11,4 juta metrik kubik berasal dari POME," kata Edi lewat pesan singkat pada Jumat (25/8).

Hingga 30 Juli 2023, tercatat 794,59 megawatt (MW) daya listrik berasal dari pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBm) limbah padat sawit. Sementara ada produksi setrum 136,8 MW dari pembangkit listrik tenaga biogas atau PLTBg POME.

Edi melanjutkan, pemanfaatan biogas dari sawit digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik di perkebunan kelapa sawit, dan dijual ke PLN.

Indonesia disebut-sebut memiliki potensi pemanfaatan biogas dari hasil olahan limbah industri kelapa sawit mencapai 5,2 miliar metrik kubik per tahun. Jumlah itu setara dengan 2,6 juta ton LPG atau sepertiga dari kebutuhan LPG domestik secara tahunan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...