Program BPBL Sasar 2.000 Rumah Tangga di Riau Tahun 2023

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
31 Agustus 2023, 09:12
Sebanyak 2.000 rumah tangga di Riau akan menerima bantuan listrik gratis tahun ini.
Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berkoordinasi dan bekerja sama mewujudkan energi berkeadilan. Hal ini dilakukan melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Program ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai target rasio elektrifikasi 100 persen.

BPBL memungkinkan pembangunan jaringan listrik gratis yang menjangkau seluruh daerah di Indonesia, termasuk di kawasan terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Pada 2022, terdapat 80.183 rumah tangga penerima manfaat BPBL dari total target 80.000 rumah tangga. Setahun berikutnya, ada 125.000 rumah tangga penerima manfaat BPBL.

Khusus di Provinsi Riau, angka tersebut dialokasikan untuk 2.000 rumah tangga tahun ini.

Dalam acara peresmian dan penyalaan pertama BPBL di Desa Tanjung Bungo, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, pada Jumat (16/6), Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Nugroho mengatakan realisasi penerima BPBL di Riau sendiri tahun lalu sebanyak 980 rumah tangga.

“Dan, untuk Kabupaten Kampar telah tersambung sebanyak 169 sambungan rumah tangga yang tersebar di 14 kecamatan,” ujarnya dalam siaran pers, dikutip Kamis (31/8).

Acara peresmian dan penyalaan tersebut turut dihadiri Anggota Komisi VII DPR, Nurzahedi. Ia menyampaikan, ketersediaan listrik akan memberi dampak positif untuk bidang perekonomian, pendidikan, dan lingkungan sosial di kawasan tempat tinggal penerima bantuan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...