Strategi ESDM Kerek Produksi Bioetanol: Adopsi Teknologi Brasil

Muhamad Fajar Riyandanu
4 September 2023, 06:48
Bioetanol
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Petugas bersiap melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Green 95 saat peluncuran BBM tersebut di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (24/7/2023).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tastif mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan produksi etanol domestik dengan memanfaatkan tanaman tebu dan mengadopsi teknologi dari Brasil.

Hal ini dilakukan demi mendukung suplai bioetanol untuk campuran bahan bakar Pertamax Green 95. Pertamax Green merupakan bahan bakar minyak atau BBM campuran Pertamax beroktan 92 dengan kandungan 5% bioetanol.

Arifin menjelaskan pemerintah sudah membangun pusat produksi bioetanol untuk bahan bakar kendaraan atau fuel grade di Jawa Timur dengan kapasitas 40.000 Kiloliter (KL).

Produksi tersebut berasal dari dua pabrik di wilayah Jawa Timur, yakni 30.000 KL dari PT Energi Agro Nusantara (Enero) di Kabupaten Mojokerto dan 10.000 KL dari PT Molindo Raya Industrial di Kabupaten Malang.

Kendati demikian, Arifin mengakui sumber bioetanol di dalam negeri relatif masih minim. Menurut dia, pemerintah kini menyasar pengadaan kebun tebu di wilayah Papua dengan mengadopsi teknologi dari Brasil.

Arifin menceritakan pengamalam Brasil yang sukses memanfaatkan tanaman tebu menjadi bioetanol untuk campuran BBM. Dengan luas lahan tebu 9,5 juta hektare, saat ini Negeri Samba mampu memproduksi bahan bakar nabati (BBN) bioetanol dengan komposisi bauran 27% tetes tebu dan 33% bensin atau E27.

"Pemerintah melihat potensi pengembangan di Papua, karena dulu bibit tebu asalnya dari Papua dan pindah ke Portugis dan Brasil, sekarang kami coba untuk kembalikan ke habitatnya," kata Arifin kepada wartawan di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (1/9).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...