Putin Masih Bisa Pegang Kendali Pasokan Gas di Eropa, Ini Buktinya

Muhamad Fajar Riyandanu
5 September 2023, 14:37
Gas
123rf.com
Presiden Rusia Vladimir Putin

Pengaruh Rusia terhadap pasokan gas alam di Uni Eropa (EU) dianggap kian berkurang sejak terjadi konflik dengan Ukraina pada awal 2022. Hal ini seiring kondisi penyimpanan gas di Benua Biru yang telah terisi hingga 93% pada 2 September lalu.

Kendati demikian, Rusia masih dapat memberi tekanan pasokan gas global terhadap mayoritas negara Eropa pada musim dingin akhir tahun. Lembaga keuangan asal Swedia, Skandinaviska Enskilda Banken (SEB) melaporkan Rusia memanfaatkan industri gas mereka untuk menekan Eropa pada musim salju.

"Rusia dapat memberikan tekanan terhadap pasokan gas alam Eropa pada musim dingin ini jika memungkinkan," tulis SEB dalam sebuah catatan, dikutip dari oilprice.com pada Selasa (5/9).

Pengiriman gas oleh perusahaan Rusia, Gazprom ke pelanggan utamanya merosot karena terhenti ke hampir seluruh negara Eropa. Rusia telah memutus pasokan gas ke Polandia, Bulgaria, dan Finlandia selang beberapa pekan setelah berkonflik dengan Ukraina.

Gazprom juga mengurangi pasokan gas melalui pipa Nord Stream ke Jerman pada Juni 2022. Otoritas Rusia mengklaim seretnya distribusi gas disebabkan oleh pemeliharaan rutin turbin gas.

Gazprom mengatakan aliran gas dari pipa Nord Stream akan tetap ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan, menunggu kerusakan operasional dapat teratasi.

Rusia kini mengirimkan gas ke Eropa melalui rute Ukraina dan melalui TurkStream. TurkStream adalah pipa gas alam yang mengalir dari Rusia ke Turki.

Dimulai dari stasiun kompresor Russkaya dekat Anapa di Wilayah Krasnodar Rusia, melintasi Laut Hitam ke terminal penerima. Pipa TurkStream menyalurkan gas ke Serbia dan Hongaria.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...