Pertamina Klaim Terminal LPG Tuban Siap Perkuat 40% Pasokan Nasional

Lavinda
Oleh Lavinda
20 September 2023, 15:58
LPG
PT Pertamina International Shipping
PT Pertamina International Shipping (PIS) memastikan proyek pembangunan Terminal LPG Refrigerated Jatim - Tuban berjalan sesuai dengan target atau on track.

PT Pertamina International Shipping (PIS) memastikan proyek pembangunan Terminal LPG Refrigerated Jatim - Tuban berjalan sesuai dengan target. Entitas Grup Pertamina ini juga siap memasok 40% pasokan LPG nasional pada 2026.

Proyek pembangunan Terminal LPG Refrigerated Jatim - Tuban tahap pertama rampung akhir tahun lalu. Terminal LPG yang termasuk dalam proyek strategis Pertamina ini sedang memasuki pembangunan tahap dua, dan siap memasok 40% pasokan LPG nasional dua tahun mendatang.

CEO PIS Yoki Firnandi menjelaskan proyek Terminal LPG Tuban dikelola anak usaha PIS, yakni PT Pertamina Energy Terminal (PET). Perusahaan diberi mandat untuk mengelola terminal-terminal energi strategis di Indonesia.

“Salah satunya adalah terminal LPG Tuban, yang ke depannya memegang peranan besar dalam ketahanan energi karena akan melayani sebanyak 40% permintaan LPG nasional, khususnya untuk area Indonesia bagian timur,” ujar Yoki Firnandi dalam keterangan pers, Selasa (19/9).

Menurut Yoki, progres pembangunan terminal bahkan lebih cepat dari target. Terminal dengan kapasitas mencapai 93.000 MT dibangun dengan bertahap. Tahap pertama berlangsung pada 2019 hingga akhir tahun lalu, untuk proses persiapan lahan dan tangki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...