Tekan Inflasi, Menko Luhut Akan Tekan Harga BBM Pesawat

Andi M. Arief
27 September 2023, 11:16
Petugas melakukan pengisian bahan bakar avtur ke pesawat Airbus A330-343 milik maskapai penerbangan Saudia di Bandara Internasional Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (27/5/2023). Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel me
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Petugas melakukan pengisian bahan bakar avtur ke pesawat Airbus A330-343 milik maskapai penerbangan Saudia di Bandara Internasional Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (27/5/2023). Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel menyiapkan sebanyak 2.304 kiloliter avtur untuk kebutuhan bahan bakar pesawat bagi 23 kelompok terbang (kloter) haji embarkasi Palembang di Bandara Internasional Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana untuk menurunkan harga BBM atau bahan bakar minyak pesawat terbang atau Avtur. Menurutnya, langkah tersebut dapat menekan inflasi menjadi di bawah 3% pada tahun ini.

Luhut memaparkan inflasi nasional mencapai 3,3% pada Agustus 2023. Adapun, Bank Indonesia mendata inflasi di dalam negeri sebesar 2,27% pada bulan lalu. Luhut menilai angka tersebut dapat ditekan dengan pengelolaan ekonomi yang detail.

"Tim lagi diskusikan terkait harga bahan bakar penerbangan. Untuk penerbangan di Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, dan Medan kontribusi bahan bakar ke total biaya operasi sudah 85%. Kalau biaya bahan bakar penerbangan itu turun, inflasi bisa di bawah 3%," katanya dalam Katadata Sustainability Action for The Future Economy Forum (SAFE) 2023, di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (27/9).

Luhut menyampaikan strategi tersebut ditemukan setelah melihat struktur ekonomi secara rinci. Menurutnya, hal yang sama tidak dilakukan untuk menekan inflasi nasional pada pemerintahan sebelumnya.

Setelah strategi tersebut diimplementasikan, Luhut mengatakan performa ekonomi Indonesia menjadi yang salah satu terbaik dibandingkan negara-negara anggota G20. Indonesia juga menduduki peringkat keenam dengan inflasi terendah setelah Cina, Swiss, Spanyol, Belanda, dan Jepang.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...