Jaga Harga Listrik di Musim Dingin Jerman Nyalakan Lagi PLTU Batu Bara

Happy Fajrian
6 Oktober 2023, 15:09
pltu, jerman, batu bara, musim dingin
PLN
Ilustrasi PLTU.

Pemerintah Jerman telah merestui pengoperasian kembali pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara lignit mulai Oktober hingga akhir Maret 2024. Langkah ini untuk mengantisipasi kelangkaan gas alam pada musim dingin dan menjaga keamanan energi.

Sejatinya Jerman telah menjadwalkan penutupan PLTU batu bara secara terkoordinasi dan progresif dengan bantuan pendanaan dari pemerintah sebesar € 40 miliar atau hampir Rp 660 triliun.

Namun Jerman memperpanjang masa operasi PLTU sejak tahun lalu seiring dengan adanya gangguan pasokan gas alam dari Rusia, sebagai dampak dari perang negara tersebut dengan Ukraina, ditambah dengan kegagalan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Prancis.

Langkah darurat yang diputuskan tahun lalu itu akan diperpanjang hingga musim dingin mendatang, sehingga kapasitas PLTU yang menggunakan batu bara lignit tetap siap sebesar 1,9 gigawatt (GW) untuk menambah kapasitas PLTU batu bara yang sudah ada sebesar 45 GW.

PLTU batu bara lginit memiliki satu tujuan, yakni mengurangi penggunaan gas alam yang mahal dari pasar listrik  pada saat permintaan puncak musim dingin sebagai cara untuk menjaga agar masyarakat tidak terbebani dengan tarif listrik yang tinggi.

“Cadangan pasokan akan diaktifkan kembali untuk menghemat gas dalam pembangkitan listrik dan dengan demikian mencegah kemacetan pasokan gas pada periode pemanasan 2023/2024,” kata pemerintah Jerma, dikutip dari Euractiv.com, Jumat (6/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...