WK Migas Terminasi Bertambah Menjadi 50, Termasuk Blok Andaman III

Mela Syaharani
18 Oktober 2023, 14:01
migas, wk migas, blok migas
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
Ilustrasi.

Puluhan wilayah kerja minyak dan gas (WK migas) diterminasi atau dikembalikan kepada negara. Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan saat ini sudah ada penambahan satu WK terminasi menjadi 50 blok.

“Sudah bertambah dari 49 menjadi 50 WK terminasi, tapi dari tahun 2020 sampai 2023 terminasi akumulasi,” kata Dirjen Migas Tutuka Ariadji dalam acara CNBC Energy Corner dikutip Rabu(18/10).

Tutuka menjelaskan, WK yang sudah diterminasi selanjutnya akan dievaluasi dan kemudian akan dilakukan pelelangan. Dia menyebut, dari 50 WK tersebut tidak akan dilelang seluruhnya. “Kita tentu melihat mana-mana yang sekiranya masih menarik, masih berpotensi dikembangkan,” jelasnya.

Selain dilelang, Tutuka mengungkap WK yang masih bisa dikembangkan ini nantinya akan dilakukan joint study. “Kalau joint study siapa yang tertarik akan dilakukan lelang, tapi ada mekanisme first right refusal, jadi dapat prioritas lah,” ucapnya.

Terkait lelang, Tutuka menjabarkan bahwa akan memprioritaskan WK yang paling berpotensi. Seluruh WK terminasi ini tersebar dari Pulau Sumatra hingga Papua. “Kita liat mana yang paling berpotensi kita sampaikan dulu,” tuturnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...