ESDM Dorong Percepatan Revisi POD Blok Masela agar Segera Produksi

Mela Syaharani
20 Oktober 2023, 15:01
blok masela,
Katadata/Ratna Iskana
Ilustrasi, dua orang berbincang di booth Inpex Corporation dalam IPA Convex 2019 di Jakarta. Inpex merupakan operator proyek Lapangan Abadi Blok Masela.

Kementerian ESDM terus mendorong agar revisi rencana pengembangan (Plan of Development/POD) proyek LNG Abadi Blok Masela dapat segera dirampungkan.

“Cepat, kita cepat-cepat supaya segera produksi,” kata Menteri ESDM Arifin Tasrif saat ditemui di kantor Kementerian ESDM pada Jumat (20/10).

Arifin menjelaskan revisi POD ini rencananya bakal rampung akhir bulan ini. “InsyaAllah, makanya sekarang kita semua bekerja keras untuk menyelesaikan apa yang bisa diselesaikan,“ ujarnya.

Dia beberapa kali menekankan bahwa proses revisi ini telah terjadi secara cepat. “Cepat, agar tidak melanggar aturan dan jangan ditahan-tahan,” kata Arifin.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa dalam proses POD Blok Masela ini nantinya akan ada pembeli gas yang berasal domestik. “Nanti kan domestik juga banyak kita alokasi, supaya ketahanan energi dalam transisi tercapai,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pada awal bulan ini Arifin mengatakan penyerahan revisi PoD itu bakal diajukan oleh operator Blok Masela, yakni Inpex Corporation bersama dengan konsorsium PT Pertamina dan Petronas.

"Mereka sedang menyiapkan, mudah-mudahan bulan ini sudah bisa submit ke SKK Migas," kata Arifin, di Istana Merdeka pada Kamis (5/10).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...