Imbas Perang Israel vs Hamas, Harga Minyak Dapat Sentuh US$ 140

Mela Syaharani
23 Oktober 2023, 12:00
harga minyak, minyak bumi, migas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ilustrasi ladang minyak dan gas bumi.

Harga minyak dapat menyentuh angka US$ 140 per barel dalam waktu dekat. Allianz Trade menyebut, kondisi ini juga dapat membuat dunia mengalami masa resesi

Kepala riset ekonomi Allianz Trade Ana Boata mengatakan perkiraan ini muncul akibat adanya ketegangan di Timur Tengah serta eskalasi dampak konflik Israel vs Hamas. 

Serangan kedua pihak tersebut kemungkinan dapat berubah menjadi konflik regional yang meluas sehingga memicu lonjakan harga minyak.

Ana menyampaikan lonjakan harga minyak dapat menyentuh angka US$ 140 per barel, dengan harga rata-ratanya di US$ 120 pada 2024.

"Harga minyak yang lebih tinggi, itulah dampak langsungnya," kata Kepala Riset Ekonomi Allianz Trade Ana Boata dikutip dari Oilprice pada Senin (23/10). 

Lebih lanjut, Boata menyebut bank sentral dunia akan mengambil sikap menunggu dan melihat keadaan sebelum memutuskan untuk memangkas suku bunga.

Selain pemangkasan suku bunga, kenaikan harga minyak dapat membuat dunia masuk dalam resesi dan mendorong inflasi global hingga 5%.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...