Target Rampung Akhir 2023, Progres Smelter Tembaga Freeport Capai 82%

Mela Syaharani
7 November 2023, 13:17
smelter, freeport, smelter tembaga,
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Zk/aww.
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023).

PT Freeport Indonesia terus mengejar target pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga Manyar di Kawasan Java Integrated Industrial Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

VP Corporate Communications PT Freeport Indonesia Katri Krisnati mengatakan pada akhir September 2023 pembangunan smelter tembaga di Gresik ini sudah menyentuh angka 79%. “Target akhir Oktober mencapai 81,6%,” ujarnya saat dihubungi Katadata.co.id pada Selasa (7/11).

Pemerintah telah memberikan tenggat waktu penyelesaian proyek ini pada Desember 2023. Terkait tenggat waktu ini, Freeport membenarkan bahwa konstruksi fisik ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Tenggat waktu tersebut tercantum di dalam Izin Usaha pertambangan Khusus (IUPK) Freeport yang tertulis bahwa jangka waktu penyelesaian Smelter Gresik paling lambat 5 tahun sejak IUPK itu diterbitkan pada Desember 2018.

Berdasarkan data perkembangan tiga bulan terakhir, progress pembangunan smelter Gresik ini bertambah di bawah 5% setiap bulannya. Merinci keterangan Freeport, pada akhir Agustus lalu pembangunan smelter sudah mencapai 75%. Lalu pada akhir September bertambah menjadi 79%, dan akhir Oktober mencapai 81,6%.

Menurut data Freeport, hingga September lalu dana investasi yang sudah ditanamkan untuk proyek pembangunan smelter tembaga ini mencapai US$ 2,7 miliar atau Rp 40,5 triliun.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...