2.587 Keluarga Dapat Sambungan Listrik Gratis dari Pegawai PLN

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
7 November 2023, 15:58
Pegawai PLN berdonasi melalui Program Light Up the Dream. Program itu membantu warga miskin yang belum memiliki sambungan listrik.
PLN

Sebanyak 2.587 keluarga telah menikmati penyambungan listrik gratis melalui Program Light Up the Dream dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Program penyalaan listrik yang berasal dari donasi pegawai PLN ini dilaksanakan untuk memperingati momentum Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78.

Wahidah, salah satu penerima manfaat asal Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan, mengaku bersyukur atas bantuan pasang baru listrik ini. Selama ini, untuk mendapatkan listrik, perempuan yang berprofesi sebagai pedagang itu menyalur dari tetangga dan harus membayar Rp500 ribu per bulan.

“Sekarang dengan memiliki kWh meter sendiri, saya tidak terlalu banyak membayar,” katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (7/11).

Penerima bantuan lainnya, Roslina, selama ini menyambung listrik dari tetangga dan menggunakan lampu teplok. Warga Kota Padang Panjang, Sumatera Barat ini berterima kasih atas bantuan pemasangan listrik, paket sembako, dan penanak nasi yang ia terima.

Asisten II Kota Padang Panjang Ewasoska mengapresiasi PLN yang memanfaatkan momentum HLN untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi. Menurutnya, langkah ini akan memberikan dampak yang besar.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan gerakan Light Up the Dream sejalan dengan upaya mengejar target rasio elektrifikasi 100 persen pada tahun 2025.

“Ini merupakan bentuk upaya dukungan PLN terhadap program yang dirancang oleh pemerintah, di mana semua masyarakat dapat merasakan dan mengakses listrik. Semoga dengan adanya bantuan listrik dari donasi pegawai PLN ini, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian,” ucapnya.

Direktur Legal Human Capital PLN Yusuf Didi Setiarto menambahkan, Light Up the Dream yang bertajuk Mewujudkan Mimpi Membangun Peradaban Baru ini melibatkan pelayanan 123 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan.

“Kami imbau agar program yang baik ini dapat terus berlangsung. Dengan kehadiran teman-teman di masyarakat tentunya akan memberikan sumbangsih yang berarti, utamanya bagi yang belum menikmati listrik,” ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...