Freeport Targetkan Ekspansi Smelter PT Smelting Rampung Desember 2023

Mela Syaharani
13 November 2023, 21:19
smelter, freeport, pt smelting, smelter tembaga
Wahyu Dwi Jayanti | KATADATA
Suasana pabrik pemurni tembaga PT Smelting, Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019).

PT Freeport Indonesia menargetkan ekspansi pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga PT Smelting rampung pada Desember 2023.

Proyek ekspansi ini menambah kapasitas pengolahan konsentrat tembaga smelter menjadi 1,3 juta metrik ton per tahun dari sebelumnya 1 juta metrik ton. “Ini akan diresmikan dan mulai beroperasi di tanggal 15 Desember 2023," kata Presiden Direktur Freeport Tony Wenas melalui keterangan resmi pada Senin (13/11).

Sebagai informasi, PT Smelting merupakan smelter pertama PTFI yang dibangun pada tahun 1996 bersama dengan konsorsium Jepang dan dioperasikan oleh Mitsubishi. Smelter ini sebagai bentuk kepatuhan PTFI terhadap Kontrak Karya II.

Dengan selesainya ekspansi, kepemilikan Freeport pada smelter ini meningkat menjadi 65% dari sebelumnya 39,5%. Hal ini lantaran biaya ekspansi yang mencapai US$ 250 juta atau sekitar Rp 3,7 triliun seluruhnya bersumber dari Freeport.

“Sebagai kompensasinya, saham Freeport di PT Smelting yang saat ini 39,5% akan meningkat menjadi 65% setelah ekspansi selesai,“ kata Tony dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Senin (27/3).

Setelah proses divestasi tersebut, PT Freeport dan PT Smelting telah menyepakati skema bisnis anyar dengan sebutan mekanisme 'tolling' yang akan secara penuh terjadi pada awal 2024.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...