Uji Potensi Kandungan Migas, Sumur Eksplorasi Sugih-1 Akhirnya Ditajak

Mela Syaharani
17 November 2023, 09:32
skk migas, Sumur Sugih-1 lampung
SKK Migas
SKK Migas - KKKS Bumi Siak Pusako menggelar syukuran atas selesainya pengeboran sumur eksplorasi Nuri-1X yang berada di Dusun Plambayan, Provinsi Riau (29/12/2022).

SKK Migas dan Harpindo Mitra Kharisma menggelar seremoni tajak Sumur Eksplorasi Sugih-1 pada Rabu (15/11). Upaya pengeboran eksplorasi ini dilakukan dalam rangka menemukan cadangan migas baru dan memenuhi kebutuhan energi nasional.

Sumur Sugih-1 berada di Wilayah Kerja Lampung III, tepatnya di Desa Tanjung Ratu Ilir, Kecamatan Way Pengubuan, Lampung Tengah. Sumur eksplorasi ini akan dibor dengan desain lubang vertikal menggunakan Rig Elang #01 (550 HP).

Rencananya Sumur Sugih-1 dibor dengan kedalaman akhir 920 meter True Vertical Depth from Master Hub Elevation atau mTVDKB. 

Pengeboran eksplorasi bertujuan menguji dan mengevaluasi potensi kandungan migas yang ada pada formasi Lahat dan Talang Akar. Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan atau Sumbagsel Anggono Mahendrawan mengatakan pengeboran ini akan membuka penemuan-penemuan migas di luar Jambi dan Sumatera Selatan. 

Kedua daerah tersebut merupakan tulang punggung produksi migas di Sumbagsel. “Ini akan memperkuat ketahanan energi dan pasokan untuk industri,” kata Anggono dalam keterangan pers, Jumat (17/11)

Anggono berharap penemuan cadangan hidrokarbon di wilayah itu menjadi salah satu sumber pembangunan di Lampung Tengah. Selain itu, bisa meningkatkan pendapatan asli daerah dan menciptakan efek berganda bagi masyarakat.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...