PLN Kaji Pencampuran Batu Bara di PLTU, Antisipasi Pasokan Berkurang

Happy Fajrian
21 November 2023, 16:48
batu bara, pltu, pln, pembangkit listrik
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
PLTU Tanjung Jati.

PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) melakukan kajian pengembangan coal blending facility (CBF) sebagai alternatif untuk mengantisipasi berkurangnya pasokan batu bara.

PLN EPI bekerja sama dengan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) PLN EPI dalam melakukan kajian ini untuk memperkuat keandalan pasokan energi primer untuk pembangkit di PLN Grup.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengatakan bahwa seiring meningkatnya krisis energi dunia, pasokan batu bara untuk pembangkit semakin terbatas. Dalam hal ini PLN telah melakukan inovasi tata kelola energi primer untuk menjamin keandalan listrik nasional.

Inovasi PLN melalui CBF dirasa tepat karena akan memasok batu bara dalam jumlah yang cukup, berkualitas baik dan tepat waktu.

“PLN EPI telah melakukan langkah-langkah strategis, salah satunya dengan penguatan pasokan energi primer untuk pembangkit listrik untuk menjamin keandalan suplai listrik ke pelanggan,” kata Iwan seperti dikutip Antara, Selasa (21/11).

Dia melihat streamlining rantai pasok energi yang telah dibangun PLN akan semakin kokoh dengan adanya CBF. Termasuk kolaborasi dengan PT KBS yang akan membantu PLN memperoleh batu bara dengan kalori yang sesuai melalui CBF dan menjamin pengiriman batu bara tepat waktu.

Cara kerja CBF adalah dengan mencampur batu bara berkalori tinggi dan rendah sehingga mencapai kalori yang dibutuhkan pembangkit.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...