Dapat Restu Kesultanan Oman, Medco Energi Akuisisi Dua Blok Migas

Mela Syaharani
29 November 2023, 14:52
PT Medco Energi Internasional Tbk.
m.skalanews.com
PT Medco Energi Internasional Tbk.

PT Medco Energi Internasional Tbk telah mendapatkan persetujuan dari Kesultanan Oman untuk mengakuisisi 20% saham dua blok migas di negara tersebut. Transaksi ini diharapkan selesai pada Desember 2023. 

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro mengatakan akuisisi ini sejalan dengan strategi mereka untuk mengembangkan aset berkualitas tinggi dan menghasilkan kas dengan pertumbuhan yang besar. 

Setelah selesai, akuisisi ini akan meningkatkan produksi harian MedcoEnergi sekitar 13 ribu barel ekuivalen minyak per hari (MBOEPD). "Angka ini berkontribusi signifikan terhadap cadangan gas dan minyak di masa depan.” kata Hilmi dalam keterangan resminya pada Selasa (28/11).

Medco akan mengakuisisi dua blok yang dioperasikan OQ Exploration & Production LLC (OQEP), yakni Blok 48 dan Blok 60. OQEP merupakan perusahaan energi terintegrasi global yang terpusat di Oman. Perusahaan ini juga berpartisipasi pada sejumlah joint ventures aset eksplorasi dan produksi di Oman dan Kazakhstan. 

Dalam kesepakatan ini, Medco akan memiliki 20% kepemilikan atas lisensi produksi Blok 60. Blok migas ini memiliki dua lapangan produksi, yakni Lapangan Minyak Bisat dan Lapangan Gas Abu Butabul. 

Selain itu, Medco juga mengantongi 20% kepemilikan atas lisensi eksplorasi Blok 48. Kedua blok tersebut berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat tengah Oman. 

Meski menggenggam kepemilikan 20% lisensi dari masing-masing blok tersebut, Medco menulis OQEP akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut. 

Tak hanya Oman, menurut keterangan resmi pada laman perusahaan Medco juga memiliki beberapa wilayah operasi selain Indonesia. Mulai dari Thailand, Singapura, Yaman, Libya, hingga Amerika Serikat.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...