Pupuk Indonesia Ikat Komitmen Gas Blok Masela untuk Pabrik Amonia Biru

Mela Syaharani
6 Desember 2023, 15:44
amonia biru, blue ammonia, pupuk indonesia, blok masela
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Ilustrasi infrastruktur gas.

PT Pupuk Indonesia berencana membangun pabrik blue ammonia atau amonia biru dengan memanfaatkan pasokan gas dari Blok Masela. SVP Pengembangan Pupuk Indonesia, Herdijanto Utomo, mengatakan pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman atau MOU dengan Inpex Masela Ltd.

“Jadi Pupuk Indonesia sudah ber-MOU dengan Inpex untuk kebutuhan gas 150 MMscfd (juta standar kaki kubik per hari,” kata Herdijanto saat ditemui dalam diskusi media di Bekasi pada Rabu (6/12).

Dia mengatakan pengembangan proyek ini terkait amonia biru dan amonia urea. Tak hanya itu, dia menjelaskan kebutuhan gas dari Blok Masela ini berpotensi meningkat ke angka 240 MMscfd. “MOU itu berlaku sejak 2022 hingga 2025 nanti. Kesepakatan kedua belah pihak untuk melakukan joint study,” ujarnya.

Mengenai pembangunan amonia biru ini, Herdijanto menyampaikan sudah melakukan diskusi yang cukup intensif bersama Inpex terkait pengembangan proyek tersebut. Kendati demikian, dia menyebut diskusi mengenai proyek blue amonia ini sempat tersendat.

“Potensi gas disana cukup besar, nah terkait itu targetnya saat ini masih menunggu ya. Kemarin Inpex masih mencari partner ya, kalo gak salah Pertamina akan masuk, jadi jadwalnya kami akan menyesuaikan,”ucapnya.

Herdijanto menjelaskan, dalam MOU proyek blue amonia ini dilakukan oleh Pupuk Indonesia bersama Inpex Masela. Namun terkait pengembangan kedepannya, dia belum menjelaskan apakah tetap dijalankan oleh Pupuk Indonesia atau oleh salah satu anak perusahaannya. “Nanti kami lihat lagi, kalau di Fakfak PKT (PT Pupuk Kaltim),” kata dia.

Kepala Divisi Komersialisasi Minyak dan Gas Bumi SKK Migas Rayendra Sidik menyebut sejalan dengan pengembangan blok gas tersebut, akan dibentuk semacam pengelolaan industri hilirisasi gas, salah satunya proyek Pupuk Indonesia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...