Putin Bertemu Pangeran MBS, Bahas Produksi Minyak Hingga Timur Tengah

Happy Fajrian
6 Desember 2023, 18:54
vladimir putin, mohammed bin salman, mbs, produksi minyak, perang timur tengah, perang rusia ukraina
123rf.com
Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu Putera Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman untuk membahas berbagai isu mulai produksi minyak OPEC hingga perang Timur Tengah dan Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) hari ini, Rabu (6/12). Keduanya akan membahas produksi minyak OPEC+ hingga perang di Jalur Gaza dan Ukraina.

Pertemuan Putin dengan pangeran MBS terjadi setelah harga minyak turun meskipun ada janji dari OPEC+, yang merupakan kelompok Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya yang dipimpin oleh Rusia, untuk mengurangi produksi lebih lanjut.

Hari ini Putin dilaporkan telah tiba di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, untuk untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan. Dia kemudian dijadwalkan melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk pertemuan tatap muka pertamanya dengan MBS sejak Oktober 2019.

Kremlin mengatakan mereka akan membahas kerja sama energi. “Koordinasi erat Rusia-Saudi dalam format ini adalah jaminan yang dapat diandalkan untuk mempertahankan situasi yang stabil dan dapat diprediksi di pasar minyak global,” kata Kremlin seperti dikutip Reuters, Rabu (6/12).

Kunjungan terakhir pemimpin Kremlin ke wilayah tersebut adalah pada Juli 2022, ketika ia bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei di Iran.

Belum jelas apa yang ingin dibicarakan Putin, yang jarang meninggalkan Rusia sejak awal perang Ukraina, dengan putra mahkota eksportir minyak terbesar dunia, hanya beberapa hari setelah perselisihan menunda pertemuan penting OPEC+.

Baik MBS maupun Putin menginginkan dan membutuhkan harga minyak yang tinggi, yang merupakan sumber perekonomian mereka. OPEC+ bulan lalu menunda pertemuannya beberapa hari karena ketidaksepakatan mengenai tingkat produksi oleh beberapa anggota.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...