Freeport Targetkan Kurangi Emisi Karbon 30% pada 2030, Ini Strateginya

Happy Fajrian
11 Desember 2023, 15:00
freeport, emisi karbon, emisi gas rumah kaca,
www.npr.org
Tambang terbuka PT Freeport Indonesia.

PT Freeport Indonesia berkomitmen untuk mengurangi intensitas emisi karbon dan gas rumah kaca sebesar 30% pada 2030. Presiden Direktur Freeport Tony Wenas mengatakan pada 2021 pihaknya berhasil menurunkan emisi sebesar 22% dibandingkan 2018.

“Sebagian besar dikarenakan transisi dari tambang terbuka ke tambang bawah tanah, di mana kami menggunakan sistem kereta listrik otomatis bawah tanah,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Senin (11/12).

Tony juga mengungkapkan strategi lainnya yang tengah dijalankan Freeport untuk menekan emisi yaitu dengan mengembangkan pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) berkapasitas 168 megawatt (MW) yang ditargetkan beroperasi tahun depan.

Selanjutnya Freeport juga tengah menggarap smelter tembaga di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, yang diharapkan dapat menangkap potensi peningkatan permintaan tembaga di masa depan seiring perkembangan energi baru terbarukan.

Menurut Tony, logam tembaga merupakan produk masa depan karena 65% produk tembaga dunia digunakan sebagai penghantar listrik dan sekarang ini negara-negara berlomba lomba menggunakan pembangkit energi bersih sehingga akan membutuhkan tembaga lebih banyak lagi.

“Sebagai contoh mobil listrik membutuhkan tembaga empat kali lebih banyak daripada mobil biasa karena lebih banyak cabling system kemudian baterainya yang mengandung tembaga,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...