Adaro Garap Tiga Proyek Besar di 2024: Dua Pembangkit EBT dan Smelter

Mela Syaharani
14 Desember 2023, 10:19
adaro, adro, pembangkit listrik, smelter
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Grup Adaro akan menggarap tiga proyek besar pada 2024, yakni dua pembangkit listrik energi terbarukan dan satu smelter aluminium.

Adaro Group akan menggarap tiga proyek besar pada 2024. Dua di antaranya yaitu pembangkit listrik energi baru  terbarukan (EBT) dan satu proyek smelter aluminium.

“Di 2024 Adaro Power dan Green kita fokus eksekusi proyek, kita kan semuanya jangka panjang. Proyek tercepat durasinya 2,5 tahun,” kata Presiden Direktur PT Adaro Power Dharma Djojonegoro di Jakarta pada Rabu (13/12).

Dharma menjelaskan, pada 2024 nanti perusahaannya akan mulai membangun proyek pembangkit listrik tenaga bayu di Kalimantan Selatan dan pembangkit listrik tenaga surya di Kalimantan Tengah.

Meski berfokus membangun kedua proyek yang sudah terencana sebelumnya, Dharma mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk membuka bisnis baru.

“Dari segi opportunity, dari segi bisnis baru sebenarnya kita terbuka aja, misalnya hidrogen. Cuma memang hidrogen ini masih ada kendala di Indonesia karena keekonomian dan sumber energinya,” kata dia.

Tidak hanya berfokus pada proyek pembangkit, pada tahun depan Adaro juga akan mengembangkan proyek pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) aluminium.

“Untuk mineral kedepannya kita masih memfokuskan pengembangan dan pembangunan smelter aluminium di Kalimantan Utara. Tapi kedepannya ada mineral-mineral lainnya yang menarik untuk kita pertimbangkan kita akan kaji,” jelas Presiden Direktur PT Kalimantan Aluminium Industry Wito Krisnahadi.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...