Cadangan Tembaga Disebut Hanya Cukup 25 Tahun, ESDM Genjot Eksplorasi

Mela Syaharani
18 Desember 2023, 12:52
cadangan tembaga, tembaga, update me, eksplorasi
Amman
Ilustrasi tambang tembaga.

Pemerintah terus mengupayakan pencarian cadangan tembaga baru di Indonesia. Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan bahwa eksplorasi akan digiatkan pada tahun depan untuk menambah cadangan yang diperkirakan hanya cukup hingga 25 tahun ke depan.

“Tahun 2024 fokus badan geologi itu eksplorasi. Jadi kita mencari sumber daya termasuk cadangan atau minimal mencari potensi baru,” kata Dadan di kantornya dikutip Senin (18/12).

Dia menambahkan bahwa eksplorasi dilakukan untuk memastikan Indonesia memiliki bahan baku yang cukup untuk mendukung program hilirisasi pemerintah.

“Kami akan melakukan hilirisasi, memastikan cadangan tersebut masih tersedia kemudian melakukan eksplorasi. Kami belum bilang bahwa (cadangan) sudah habis dan tidak ada lagi, kami akan cari lagi (potensi) yang lain,” terang Dadan.

Namun Dadan menegaskan eksplorasi ini tidak hanya difokuskan pada tembaga, melainkan mineral lainnya seperti lithium yang penting untuk industri baterai kendaraan listrik. “Tidak hanya tembaga yang akan kami perdalam, yang lain juga, seperti lithium. Kami belum menyerah soal keberadaan lithium, masih terus kami cari,” kata dia.

Potensi Lithium di Sumur Panas Bumi Dieng

Mengenai lithium, Kementerian ESDM sebelumnya melaporkan adanya potensi sumber daya lithium di wilayah kerja panas bumi (WKP) Dieng, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Kandungan lithium itu belakangan menjadi mineral ikutan yang turut terbawa dari proses pengangkutan uap air di sumur panas bumi.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...