PGN Gandeng Perusahaan IT Garap Proyek Jargas yang Dilengkapi Internet

Happy Fajrian
19 Desember 2023, 14:29
jargas, pgn, internet, gas bumi
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/tom.
Petugas memeriksa meteran jaringan gas rumah tangga di desa Sukaurip, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022).

PT PGN Tbk menggandeng PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) dalam mengembangkan 2,5 juta sambungan rumah tangga jaringan gas bumi (jargas) yang dilengkapi dengan information and communication technology (ICT) atau jaringan internet.

PGN dan Surge telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait Kerja Sama Pengembangan Jaringan Pipa Gas dan Penyediaan Layanan ICT untuk Sektor Rumah Tangga dan Komersial yang dilakukan oleh Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Permata Sari dan Presiden Direktur Surge Yune Marketatmo.

Rosa mengatakan bahwa kerja sama ini menjadi bagian dari solusi PGN yang terjangkau dan modern dalam memanfaatkan gas bumi sebagai energi sehari-hari.

“Gas bumi atau Gaskita yang disalurkan ke rumah-rumah pelanggan yang tersedia 24 jam akan dilengkapi dengan layanan tambahan internet yang bermanfaat bagi pelanggan,” kata Rosa di Jakarta, Selasa (19/12).

Kerja sama tersebut menargetkan penyediaan layanan bundling jaringan gas sekaligus internet bagi 2,5 juta rumah tangga di Pulau Jawa dengan harga yang terjangkau. “Kerja sama ini diharapkan akan mempercepat penetrasi serta distribusi jaringan gas beserta internet yang lebih merata,” sebutnya.

Saat ini, telah terdapat 835 ribu sambungan jaringan gas rumah tangga dan pemerintah telah menetapkan target pengembangan jaringan gas rumah tangga pada 2024 meningkat menjadi sebanyak 2,5 juta sambungan.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...