Daftar Lapagan Migas di Bekasi Usai Temuan Sumber Daya Baru di Tambun

Mela Syaharani
20 Desember 2023, 09:24
migas, bekasi, cadangan migas, pertamina
Katadata

PT Pertamina EP menemukan sumber minyak dan gas (migas) baru di Bekasi dan Indramayu. Sumur eksplorasi East Akasia Cinta (EAC)-001 di wilayah kerja PEP Jatibarang Field, Indramayu, dan sumur East Pondok Aren (EPN)-001 di WK PEP Tambun Field, Kabupaten Bekasi.

Uji Alir Produksi (Drill Stem Test/DST) sumur EAC-001 diperoleh hasil laju alir minyak sebesar 30 BOPD, gas mencapai 2,08 MMSCFD dan kondensat setara 15,05 BCPD. Sedangkan sumur EPN-001 berhasil mengalirkan minyak dan gas pada DST kedua dengan rate minyak 402 BOPD dan gas 1,09 MMSCFD di kedalaman 2.590 mMD.

Temuan sumber migas di Bekasi ini bukan kali pertama. Sejak tahun 2000-an, pemerintah juga pernah menemukan beberapa sumber migas di Bekasi. Berikut daftarnya,

Pondok Tengah

Lapangan migas Pondok Tengah, Bekasi mulai berproduksi sejak 2006. Pada masa awal produksinya, lapangan ini dapat menghasilkan minyak sebanyak 3.000 barel per hari (bph). Lapangan ini dioperasikan oleh PT Pertamina EP.

Setahun sejak produksi, Pertamina melaporkan adanya peningkatan cadangan sebanyak dua kali lipat di lapangan tersebut. Hal ini terjadi lantaran ditemukannya minyak dalam jumlah besar di Formasi Talang Akar.

Direktur Utama Pertamina EP yang saat itu dijabat oleh Kun Kurnely memperkirakan temuan ini akan meningkatkan jumlah produksi puncak Pondok Tengah akan meningkat dari 16.000 barel menjadi 26.000 bph.

Pondok Makmur

Pondok Makmur merupakan sebuah lapangan migas yang letaknya berada di 10 km sebelah timur lapangan Pondok Tengah. Melansir Antara, sumur eksplorasi pertama Pondok Makmur (PDM-1) ini mampu memiliki jumlah produksi rata-rata sebesar 850 BOPD dan 1,1 MMSCFD gas dengan jepitan 16/64 inchi.

Gas yang diproduksikan selanjutnya dialirkan menuju Lapangan Pondok Tengah dan selanjutnya dialirkan ke Pembangkit Listrik Muara Tawar yang berada 6 km sebelah barat Lapangan Pondok Tengah.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...