Daya Tarik Masa Depan Migas di Indonesia Timur

Lona Olavia
22 Desember 2023, 04:30
Daya Tarik Masa Depan Migas di Indonesia Timur
SKK Migas
SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerjsama (KKKS) Citic Seram Energy Ltd berhasil menemukan indikasi hidrokarbon berupa gas melalui kegiatan pengetesan ulang uji lapisan di sumur eksplorasi Lofin-2 (re-entry) (11/2/2023).

Potensi minyak dan gas (migas) di Indonesia bagian timur masih amat menjanjikan. Tak heran kawasan Indonesia Timur menjadi salah satu wilayah yang diandalkan untuk berkontribusi besar dalam pemenuhan target produksi migas nasional ke depannya. 

Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Hudi Suryodipuro mengatakan, penemuan-penemuan besar sumber migas banyak didapatkan di Indonesia Timur.

Saat ini 4% energi ada wilayah Indonesia Timur, yakni Proyek LNG Tangguh Train 3, Proyek Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS) Ubadari, dan Blok Masela. 

“Artinya pengembangan ke depan menjadi semakin luar biasa. Semoga proyek-proyek ini bisa segera on stream agar dapat menghasilkan multiplier effect terutama kepada masyarakat sekitar proyek,” katanya di Sorong, Papua, Kamis (21/12).

Di tempat yang sama, Sekretaris SKK Migas Shinta Damayanti menyampaikan bahwa Kawasan Indonesia Timur merupakan tumpuan harapan bagi industri hulu migas Tanah Air dalam mencapai target produksi migas 2030.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...