SKK Migas – Petrogas Genjot Perekonomian Masyarakat di Wilayah Kerja

Lona Olavia
21 Desember 2023, 21:26
SKK Migas – Petrogas Genjot Perekonomian Masyarakat di Wilayah Kerja
Katadata/Lona Olavia
Arar, Kampung Binaan Petrogas (Basin) Ltd, Sorong, Papua.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Petrogas (Basin) Ltd menginisiasi pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah kerja Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua. Langkah itu guna menggenjot pembangunan dan kemandirian ekonomi di area wilayah sekitar perusahaan. 

Terhitung sejak 2018, Petrogas (Basin) telah membina BUMDes Arar Berdikari melalui berbagai program pelatihan dasar, peningkatan kapasitas, hingga dukungan sertifikasi. BUMDes Arar Berdikari memulai kegiatannya sejak 2018 dengan ruang lingkupnya kegiatannya, diantaranya penangkapan ikan, pengolahan rumput laut dan bakso.

Kini BUMDes Arar Berdikari mampu menyuplai ikan laut segar yang berasal dari nelayan Kampung Arar hingga 2 ton per bulannya melalui jasa penyedia katering perusahaan ke Petrogas (Basin) Ltd,” ujar General Manager Petrogas (Basin) Ltd Alfian Telaumbanua dalam kegiatan Kampanye Media Indonesia Timur SKK Migas - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S), Kamis (21/12), di Sorong, Papua.

Sejak 2019 BUMDes Arar Berdikari telah berhasil memasok lebih dari 96 ton ikan, bakso ikan, dan kerupuk rumput laut. Perusahaan juga mendorong BUMDes Arar Berdikari mendapatkan sertifikat BPOM dan sertifikat Halal MUI untuk produk-produk turunannya, seperti adalah keripik atau sistik rumput laut. Saat ini, Petrogas (Basin) bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sorong mendorong agar produk-produk turunan tersebut dapat dipasarkan di supermarket atau mini market di wilayah Kabupaten Sorong.

Selain itu, ada Koperasi Warmanda Sejahtera di Klabinain, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong yang dibina sejak 2021. Mulai Februari 2022, koperasi yang beranggotakan petani lokal di Distrik Aimas ini telah memasok aneka sayuran hingga lebih dari 46 ton juga ke jasa penyedia katering perusahaan. 

Di tahun 2023, Petrogas (Basin) kembali menambah UMKM binaannya. Kali ini kelompok petani lokal yang tergabung dalam Koperasi Kael Maju di Distrik Seget, Kabupaten Sorong yang berhasil melakukan suplai perdana mereka di November 2023 ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...