Pipa Cisem Rampung, Pemerintah Akan Bangun Pipa Gas Dumai-Sei Mangkei

Mela Syaharani
2 Januari 2024, 11:28
pipa gas
123RF.com/mvelishchuck
ilustrasi: pipa gas
Button AI Summarize

Indonesia berencana membangun beberapa pipa gas transmisi di sejumlah daerah. Direktur gas bumi BPH Migas Soerjaningsih mengatakan, setelah pembangunan pipa Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I akan dilanjutkan dengan beberapa rencana lain.

"Direncanakan pipa Dumai-Sei Mangkei sedang proses studi, itu sekitar 386 km. Kemudian ada lagi pipa sepanjang 7 KM dan ini penugasan pada PGN (Perusahaan Gas Negara),” kata Soerja saat konferensi pers di Bogor pada Sabtu (30/12).

Pembangunan pipa ini sesuai dengan Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional 2022-2031 yang tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 10.K/MG.01/MEM.M/2023.

Rencana ini digunakan sebagai acuan bagi BPH Migas untuk melakukan evaluasi dan penetapan Ruas Transmisi dan/atau Wilayah Jaringan Distribusi yang akan dilelang Hak Khususnya. 

“Itu rencana pipa transmisi kami sampai 2031,” kata dia.

Selain itu, rencana ini juga berguna untuk para pemangku kepentingan dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur gas bumi, keputusan investasi, dan pengembangan pasar gas bumi domestik.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...