SKK Migas Pastikan Potensi Gas Jumbo Blok Andaman Sebelum Dikembangkan

Mela Syaharani
8 Januari 2024, 18:55
blok andaman, cadangan gas, temuan gas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Produksi hulu migas berlangsung di Anjungan Central Plant dan Anjungan Bravo Flow Station Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ), lepas pantai utara Subang, Laut Jawa, Jawa Barat, Senin (3/4/2023).
Button AI Summarize

SKK Migas akan fokus memvalidasi atau mengonfirmasi potensi gas pada sumber gas besar (giant discovery) di Blok Andaman, sekitar 100 kilometer (Km) Sumatera bagian utara.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D. Suryodipuro mengatakan informasi giant discovery ini telah menjadi angin segar bagi industri hulu migas dan akan menjadi sumber energi andalan Indonesia.

“Proses pembuktian dan validasi besaran cadangan gas dan kondensat sangat dibutuhkan sebagai dasar pengambilan langkah-langkah dan pembangunan infrastruktur pendukung yang dibutuhkan untuk proses percepatan onstream,” kata Hudi dalam siaran pers yang dikutip pada Senin (8/1).

Sebagai informasi, perusahaan asal Uni Emirat Arab Mubadala Energy pada akhir 2023 mengumumkan penemuan besar cadangan gas bumi in place di wilayah kerja (WK) South Andaman dengan potensi lebih dari 6 triliun kaki kubik (TCF). Temuan besar ini berasal dari Sumur Eksplorasi Layaran-1.

WK South Andaman merupakan WK migas yang dilelang pada 2018 dan baru diteken kontrak pengelolaannya oleh Kementerian ESDM dan Mubadala Energy pada Februari 2019 dengan menggunakan mekanisme kontrak gross split.

Saat ini penemuan gas jumbo di South Andaman masih dalam tahap awal eksplorasi. Mubadala Energy sedang melakukan serangkaian tes seperti core analysis, fluid analysis, kemudian post drill analysis.

Nantinya, dari sumur eksplorasi dan appraisal itu akan disusun Penentuan Status Eksplorasi (PSE) sebagai dasar rencana pengembangan atau Plan of Development (PoD) sesuai hasil kajian teknis, ekonomis, skenario pengembangan, hingga komersialisasi.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...