Temuan Gas Jumbo di Layaran Dinilai Bisa Kerek Performa Blok Andaman

Mela Syaharani
29 Desember 2023, 00:10
SKK Migas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ilustrasi tambang minyak lepas pantai

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas berharap penemuan gas di sumur Eksplorasi Layaran-1 dapat mendorong kinerja di cluster Andaman. Temuan gas di sumur eksplorasi yang mencakup Kontrak Kerja Sama (KKS) South Andaman, sekitar 100 kilometer lepas pantai Sumatra bagian utara itu diumumkan pada Selasa (19/12) lalu. 

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan dalam jangka pendek temuan gas memang belum memberi dampak. Namun menurut dia temuan itu diharapkan dapat mendukung rencana perusahaan dalam jangka panjang. 

“Di Andaman ini masih belum apa-apa, belum ada rencana pengembangannya (POD). Namun diharapkan dapat mendukung pengembangan di cluster Andaman,” kata Dwi saat ditemui di Kantor Inpex Jakarta pada Kamis (28/12).

Selain Sumur Layaran-1, Dwi menyebut di cluster Andaman sebelumnya SKK Migas juga menemukan Sumur Minas-1 di wilayah kerja Andaman II. Tidak hanya mendukung produksi cluster Andaman, penemuan Sumur Layaran juga diharapkan dapat menghidupkan kembali LNG Arun.

“Sehingga gas pipa industri dari Aceh, Sumatra Utara dan seterusnya hingga Jawa Barat dapat terpenuhi ketika pipa Dumai-Sei Mangkei sudah tersambung,” ujar Dwi. 

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...