Canda Bos SKK Migas Soal Blok Masela: Abadi Jadi Gak Selesai-selesai

Mela Syaharani
12 Januari 2024, 18:01
blok masela, skk migas,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.
Button AI Summarize

Kepala SKK Migas berkelakar ketika menyinggung proyek Abadi LNG Blok Masela. Proyek strategis nasional (PSN) ini baru sekitar akhir Desember 2023 lalu melaksanakan seremonial kick-off dimulainya kembali proyek setelah mandek lebih dari dua dekade.

“Ada Inpex dengan nama proyeknya saja yang mungkin kurang pas ya, namanya Abadi. Jadi makanya proyeknya juga abadi, tidak selesai-selesai,” kata Dwi saat konferensi pers kinerja 2023 di kantornya pada Jumat (12/1).

Dwi menjelaskan, Proyek Abadi Masela pada 2023 menunjukkan perkembangan setelah beberapa tahun proyek tersebut terhenti. Dwi menyebutkan alasan terhentinya proyek tersebut dikarenakan tiga aspek, salah satunya adalah pandemi covid-19.

“Namun pada akhir tahun kemarin sudah diselesaikan semua, baik penjualan PI (participating interest) Shell, kemudian juga masuknya carbon capture storage (CCS), review rencana pengembangan (POD) yang sudah disetujui,” ujarnya.

Dwi juga menyampaikan bahwa pada Desember 2023 telah dilakukan kickoff Proyek Abadi Masela. “Mudah-mudahan kick off-nya, bolanya menggelinding ke depan. Kami targetkan onstream pada 2029,” ucapnya.

Sebagai informasi, Proyek Masela ini sudah menjadi PSN sejak September 2017. Blok Masela diperkirakan dapat menghasilkan 9,5 mtpa atau juta ton LNG per tahun, dengan gas pipa mencapai 150 MMscfd, serta 35 ribu barel kondensat per hari (bcpd).

Sebelumnya, Acting of Executive Director Inpex Masela Jakarta, Henry Banjarnahor menyebut ada beberapa hal yang akan dilakukan sepanjang 2024. Mulai dari akuisisi lahan (land acquisition) bagi area non hutan, kemudian penyelesaian persetujuan analisis dampak lingkungan (AMDAL) yang sebelumnya sudah dimulai sejak 2023.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...