Konsumsi Listrik Per Kapita RI Naik 14% pada 2023, Capai 1.377 kWh

Mela Syaharani
18 Januari 2024, 18:30
konsumsi listrik, kementerian esdm
Dok PLN
Konsumsi listrik per kapita Indonesia pada 2023 tercatat tumbuh 14% menjadi 1.337 kWh.
Button AI Summarize

Kementerian ESDM melaporkan bahwa konsumsi listrik per kapita per tahun pada 2023 mencapai 1.337 kilowatt jam (kWh). Capaian ini sedikit di atas target pemerintah 1.336 kWh, dan tumbuh 13,98% dibandingkan tahun sebelumnya 1.173 kWh.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu mengatakan konsumsi listrik per kapita terus meningkat setiap tahunnya. “Peningkatan ini karena adanya pertumbuhan ekonomi,” kata Jisman dalam konferensi pers di Jakarta pada Kamis (18/1).

Jisman mencontohkan, ada banyak penambahan benda di rumah yang kini menggunakan listrik seperti gawai dan mobil listrik. “Itu konsumsi listriknya besar loh,” ujar Jisman.

Adapun untuk 2024, pemerintah menargetkan konsumsi listrik per kapita mencapai 1.408 kWh, naik 5,3% dari target 2023. Jisman mengatakan pertumbuhan ini didorong oleh penggunaan mobil listrik. "Kendaraan listrik (EV) kan sedang dipompa (diperbanyak jumlahnya), ini jadi faktor pendorongnya,” ujarnya.

Meski meningkat, capaian realisasi konsumsi listrik per kapita Indonesia, menurut paparan Kementerian ESDM masih dibawah rata-rata ASEAN yang konsumsinya mencapai 3.896 kWh. Namun Jisman menilai capaian Indonesia tidak terlalu buruk.

“Konsumsi listrik kita hasilnya tidak terlalu jelek karena Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina malah masih di bawah kita,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...