ESDM Targetkan 27 PLTMG untuk Gasifikasi Pembangkit Listrik

Mela Syaharani
25 Januari 2024, 13:37
pembangkit listrik, gasifikasi, pltmg, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Jojon/tom.
Foto udara areal Pembangkit Listrik Tenaga Mesin dan Gas (PLTMG) Nii Tanasa, di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Minggu (27/3/2022).
Button AI Summarize

Kementerian ESDM berusaha meningkatkan penggunaan energi bersih dan efisiensi terhadap penyediaan tenaga listrik melalui program konversi pembangkit listrik bertenaga diesel ke gas atau gasifikasi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu mengatakan program ini akan memberikan manfaat yang besar bagi negara dan juga memenuhi kebutuhan dalam negeri serta pengurangan penggunaan BBM yang meningkatkan energi bersih.

"Program gasifikasi ini direncanakan menyasar 27 Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) dengan kapasitas total sekitar 2.269 megawatt (MW)," kata Jisman dalam siaran pers yang dikutip pada Kamis (25/1).

Kementerian menyebut, program ini merupakan salah satu upaya untuk menarik minat investor untuk terlibat dalam program gasifikasi pembangkit listrik PT PLN (Persero).

Dalam program ini, Kementerian ESDM bersama Kementerian BUMN dan PLN tengah membahas strategi pada program yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan energi bersih dan efisiensi pada penyediaan tenaga listrik.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...