Ini Alasan Pemerintah Subsidi LPG 3 Kg Diberikan Dalam Bentuk Barang

Mela Syaharani
31 Januari 2024, 11:31
lpg 3 kg, subsidi lpg, subsidi energi, elpiji, gas elpiji, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Pekerja memindahkan tabung LPG 3 kilogram di salah satu agen LPG kawasan Duren Tiga, Jakarta, Rabu (21/6/2023).
Button AI Summarize

Kementerian ESDM menjelaskan alasan dibalik pemberian subsidi LPG 3 kilogram (kg) masih berbasis komoditas. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan langkah pertama untuk bisa melakukan subsidi langsung kepada masyarakat adalah data yang benar.

“Kami sangat berhati-hati dalam menyiapkan data valid dan dinamis yang bisa terus di-update oleh suatu institusi yang memang menangani ini. Kemudian setelah datanya valid, terverifikasi dan bisa terupdate secara reguler baru bisa kita terapkan subsidi langsung,” kata Tutuka dalam acara Energy Corner CNBC dikutip Rabu (31/1).

Dari sistem penghimpunan data yang dilakukan saat ini, Tutuka menyebut pemerintah dapat mempunyai data masyarakat by name by address dan penghasilan masing-masing orang atau KK.

“Dari situ kami bisa menentukan setelah proses nanti kira-kira dalam tahun ini bisa tentukan siapa saja yang betul-betul berhak menerima. Nanti dari situ kami bisa melakukan penentuan dengan regulasi untuk masyarakat ini yang berhak menerima,” ujarnya.

Selain itu, Tutuka menyebut pemerintah kedepannya juga dapat membatasi pembelian serta penentuan masyarakat mana saja yang bisa membeli LPG ini melalui sistem otomatis. Tutuka menyampaikan, pihaknya sudah melakukan kajian ketika LPG ini sudah beralih menjadi subsidi langsung kepada masyarakat.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...