Goldman Sachs dan Deutsche Bank Ramal Harga Minyak Tahun Ini US$ 87-88

Happy Fajrian
26 Februari 2024, 17:06
harga minyak, goldman sachs, deutsche bank,
Medco Energi
Ilustrasi pengeboran minyak lepas pantai.
Button AI Summarize

Dua bank investasi dunia, Goldman Sachs dan Deutsche Bank, memprediksi harga minyak akan naik ke level US$ 87-88 per barel pada akhir tahun ini.

Goldman Sachs menaikkan perkiraan harga puncak Brent pada musim panas 2024 sebesar US$ 2 per barel menjadi US$ 87 karena gangguan di Laut Merah berkontribusi pada penurunan stok komersial OECD yang lebih besar dari perkiraan.

“Stok komersial OECD di darat telah berkurang lebih cepat dari yang diperkirakan karena pengalihan arus dari Laut Merah telah meningkatkan persediaan air,” kata bank tersebut dalam sebuah catatan dikutip dari Reuters, Senin (26/2).

Meskipun terjadi eskalasi di Laut Merah, Goldman memperkirakan Brent akan tetap berada di kisaran US$ 70-90, dan mencatat bahwa volatilitas harga yang teredam meskipun perang Timur Tengah dan Ukraina sedang berlangsung mencerminkan premi risiko geopolitik yang tidak terlalu besar.

“Peningkatan kapasitas cadangan akan memungkinkan OPEC+ untuk mengimbangi gangguan di sebagian besar skenario, sementara pertumbuhan pasokan non-OPEC yang kuat kemungkinan akan mengimbangi pertumbuhan permintaan global yang solid,” kata Goldman.

Bank Dunia terus memproyeksikan pertumbuhan permintaan minyak sebesar 1,5 juta barel per hari (bph) pada 2024, dengan penurunan permintaan di Cina diimbangi dengan peningkatan di India dan Amerika Serikat.

Goldman juga memperkirakan para pengambil kebijakan OPEC+ akan mengumumkan perpanjangan pengurangan produksi pada awal Maret untuk menjaga pasar dalam defisit moderat, yang diperkirakan sebesar 0,5 juta barel per hari pada kuartal I dan 0,4 juta barel per hari pada kuartal II.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...