Harga Minyak Bangkit, ESDM Beri Sinyal Harga BBM Nonsubsidi Naik Maret

Mela Syaharani
20 Februari 2024, 16:37
harga bbm, harga minyak,
ANTARA FOTO/Auliya Rahman/Ief/Spt.
Petugas melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU G Obos, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (5/1/2024).
Button AI Summarize

Kementerian ESDM memberi sinyal bahwa harga BBM nonsubsidi naik pada Maret mendatang seiring dengan bangkitnya harga minyak mentah.

“Kalau saya cermati harga minyak naik lagi, jadi sepertinya akan mengarah ke sana (kenaikan harga),” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji saat ditemui di kantor Lemigas, Jakarta, pada Selasa (20/2).

Tutuka menyampaikan potensi kenaikan ini didasarkan oleh intensitas konflik geopolitik yang terjadi di Timur Tengah saat ini masih tinggi. “Sehingga mengganggu logistik, jadi akhirnya harga juga terpengaruh. Jadi memang perlu dicermati dan harga minyak juga cenderung naik terus menerus,” ujarnya.

Tutuka sebelumnya sudah pernah mengatakan terkait potensi kenaikan harga BBM nonsubsidi secara tahunan. Saat itu Tutuka menyebut salah satu faktornya adalah kondisi di Cina. Tutuka menjelaskan jumlah permintaan minyak Cina sangat mempengaruhi harga dunia.

“Jadi kemarin Cina sempat tidak terlalu membutuhkan impor minyak, tapi sekarang membutuhkan lagi,” kata Tutuka saat ditemui di Kementerian ESDM beberapa waktu lalu, Senin (12/2).

Tutuka menyebut ada tiga negara lain yang turut mempengaruhi harga minyak yakni Amerika Serikat, Rusia, dan Arab Saudi. “Walau ada OPEC, tapi 3 besar itu yang menentukan sekali terhadap harga minyak,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Tutuka mengatakan harga minyak juga dipengaruhi oleh permasalahan geopolitik, seperti di Timur Tengah. “Jadi kan itu membuat sistem logistik jadi terganggu. Kalau saya amati harga minyak naik dan turun tapi kecenderungannya naik,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...